Anggri Yulio P
Web Developer, sekarang mulai jatuh hati pada Computer Vision.
February 2, 2020 6:48 am

TWEEPY : Memanen Data dari Twitter

Dengarkan juga Podcast saya di anchor.fm

Saat ini keberadaan data sudah sangat mudah kita temukan, salah satu sarana untuk memanen data adalah melalui media sosial, Twitter salah satunya. Ratusan juta tweet dikirim setiap harinya oleh pengguna twitter. Hal ini tentu saja bisa menjadi sumber data yang sangat bermanfaat jika diolah dengan cara yang benar.

Tweepy : Twitter for Python!

Tweepy adalah sebuah paket atau library bahasa pemrograman python, yang memungkinkan kita untuk melakukan interaksi dengan API yang telah disediakan oleh twitter dengan mudah. Pada tulisan ini saya menjelaskan langkah-langkah dalam mengintegrasikan API Twitter dengan Tweepy.

1. Mendapatkan Kredensial Twitter

Kredensial twitter atau acces token dapat digenerate melalui halaman https://developer.twitter.com . Tentu saja kamu harus memiliki akun twitter terlebih dahulu. Selanjutnya buatlah sebuah client aplikasi dan dapatkan consumer key serta secret key.

Get Twitter Credentials

Twitter Developer Application Credentials

 

2. Memasang Library Tweepy

Tweepy dapat dipasang menggunakan package manager pip pip install tweepy . Jika menggunakan anaconda library ini bisa dipasang dengan perintah conda install -c conda-forge tweepy

3. Menggunakan Tweepy

Setelah mendapatkan kredensial dan library tweepy sudah terpasang, selanjutnya kita coba menampilkan tweet yang ada pada timeline akun twitter kita.

Jalankan kode diatas, maka akan tampil potongan tweet dari timeline akun twitter kita.

Tweepy Twitter Timeline

Tweepy Twitter Timeline

Selanjutnya kita coba menampilkan tweet dari pengguna tertentu, disini saya mencoba menampilkan tweet dari username @jokowi :D. Gunakan method user_timeline()

Hasilnya:

Tweepy Get User Timeline

Hasilnya akan menampilkan tweet terakhir dari akun @jokowi, tweet yang ditampilkan sebanyak 140 karakter. Lalu bagaimana untuk tweet yang jumlah karakternya melebihi 140 ?. Karena pada September 2017 twitter mengumumkan bahwa pengguna sudah bisa menulis tweet hingga 280 karakter. Solusi masalah tersebut adalah menambahkan parameter tweet_mode pada tweepy.API serta mengganti setiap penggunaan atribut text menjadi full_text.

Hasilnya:

Cukup mudah bukan ?

Untuk lebih lengkapnya bisa merujuk ke API Reference Tweepy