Anggri Yulio P
Web Developer, sekarang mulai jatuh hati pada Computer Vision.
February 28, 2017 3:40 am

Belajar Fungsi IF atau Percabangan di Python

Kali ini kita mengenal fungsi IF (percabangan) dalam Python. Sama halnya seperti bahasa pemograman lainnya, misalnya bahasa C atau PHP yang mempunyai fungsi if dan juga switch untuk melakukan percabangan.

Tidak seperti bahasa pemograman lainnya, Python hanya mengenal satu fungsi percabangan (kondisi) saja. Tidak ada switch atau case dalam python. Hanya fungsi if !!

Ditulisan ini saya menggunakan Python versi 3.6.0, untuk versi sebelumnya fungsi yang digunakanpun tidak berbeda. Sederhananya fungsi if di Python ditulis seperti kode berikut :

Perlu diperhatikan, Python tidak mengimplementasikan penggunaan tanda { dan } ataupun statemen begin end. Setiap blok program di Python mutlak dibuat menggunakan indentasi.

Struktur if

Contoh sederhana struktuf if dalam Python dijalankan untuk memeriksa apakah kondisi ini adalah bernilai benar atau salah. Jika kondisi ini bernilai true, maka python akan menjalankan statemen didalam blok kondisi tersebut dan sebaliknya jika kondisi bernilai false maka statemen didalam blok tersebut tidak akan dijalankan. Contohnya seperti berikut :

Kondisi diatas adalah bernilai true / benar, dimana nilai x(1) lebih besar dari 0.  Mari kita coba ubah kondisinya seperti dibawah :

Jika kita jalankan kode diatas maka python tidak akan menampilkan output apapun, karena sudah jelas bahwa kondisi diatas adalah bernilai false / salah.

 

Struktur if – else

Jika struktur if sebelumnya hanya menjalankan statemen didalam blok kondisi jika bernilai true, maka struktur if-else adalah membuat statemen untuk kondisi yang bernilai true dan false. Contoh :

Sebaliknya, mari kita ubah nilai x menjadi 10 :

Maka Python menjalankan statemen yang terdapat dalam blok else: , yang berarti bahwa kondisi tersebut bernilai false. Intinya struktur ini adalah jika kondisi bernilai true maka statemen didalam if akan dieksekusi dan jika bernilai false maka statemen yang dieksekusi adalah statemen didalam else.

 

Struktur Kondisi Berantai (Chained Conditionals)

Masalahnya bagaimana jika kita mempunyai banyak kondisi untuk dieksekusi dalam Python ? Dengan artian bahwa tidak hanya satu kondisi saja yang bernilai True bisa jadi dua kondisi atau berapapun kondisi yang bernilai true. Solusinya adalah Chained Conditionals atau Kondisi Berantai yaitu dengan menggunakan fungsi if, elif dan else. Strukturnya :

Logikanya adalah python akan memeriksa apakah kondisi1 bernilai true ? Jika tidak, apakah kondisi2 bernilai true ? Jika tidak, apakah kondisi3 bernilai true ? dan seterusnya, dan jika tidak ada kondisi yang bernilai true, maka python akan menjalankan statemen didalam blok else

Nah, kode diatas menghasilkan output “Nilai 5 adalah sama dengan 5” dimana interpreter python mengecek kondisi if dan ternyata kondisi tersebut bernilai false. Lalu interpreter mengecek kondisi elif dan ternyata kondisi tersebut bernilai true sehingga interpreter python mengeksekusi statemen didalam elif. Karena telah ditemukan kondisi yang bernilai true, maka kondisi-kondisi selanjutnya tidak akan dieksekusi oleh interpreter python.

Nah ternyata fungsi if (percabangan) cukup mudah. Pada dasarnya fungsi ini sama saja dengan bahasa pemograman lainnya, hanya penulisan kodenya saja yang berbeda 🙂

%d bloggers like this: